Roh Kudus (dalam bahasa Ibrani רוּחַ הַקֹּדֶשׁ - RUAKH HAQODESH).
ROH KUDUS
Roh Kudus (dalam bahasa Ibrani רוּחַ הַקֹּדֶשׁ - RUAKH HAQODESH).
Alkitab menyebutnya Roh Kudus adalah Roh Allah, Roh Kebenaran, Roh Tuhan, Roh Yesus, Roh Penghibur.
Roh Kudus juga dilambangkan dengan nafas, angin, merpati, Jari Allah, Api. Kepelbagaian lambang ini membantu untuk menerangkan indentitas dan kerja Roh.
Ada pendapat bahwa dalam ajaran Perjanjian Lama (PL) dan ajaran perjanjian Baru (PB) pokok ini tidak dapat dipersatukan, tetapi pendapat ini tidak benar. PL dan PB tidak bertentangan tentang pemeliharaan Allah dan anugerahNya, atau tentang tindakan LOGOS dalam penciptaan dan pekerjaan penyelamatan oleh Anak Allah Anak Allah, atau mengenai Roh Kudus. Bapa dan Anak aktif dalam kedua kitab perjanjian itu, dan Roh Kudus bekerja di sembarang zaman. Memang benar, hanya dalam PB terdapat gambaran rinci tentang aktivitasNya. Tapi ajaran Tuhan Yesus Kristus dan para rasul, samasekali tidak bertentangan dengan apa yang kita pelajari dari penulis PL.
Karena Allah itu Roh adanya :
Pemikiran ajaran Trinitas mengenai Roh merupakan tali kasih antara Bapa dengan Anak, atau mendefinisikan Roh "sebagai tidakan hidup Allah di dunia."
Roh Kudus (Ibrani: רוּחַ הַקֹּדֶשׁ - RUAKH HAQODESH, Yunani: πνεῦμα ἅγιον - PNEUMA HAGION) dalam dalam pemahaman Yahudi (Yudaisme), disebut juga "Inspirasi Ilahi", umumnya mengacu pada inspirasi yang dapat dirasakan manusia, yaitu yang menyangkut penyaluran tindakan Ilahi, penulisan atau ucapan. Melalui ini mereka mencapai beberapa tingkat pengetahuan kenabian, dalam menyampaikan pesan-pesan Allah kepada orang lain.
Ungkapan "RUAKH HAQODESH" digunakan di Tanakh dan juga tulisan-tulisan lainnya untuk merujuk pada "Roh ilham" yang memberikan penyingkapan ilahi (Wahyu) dan Hadirat Ilahi di antara orang-orang Yahudi, yang juga dikenal sebagai SHEKINAH. Meskipun istilah itu sering muncul dalam tulisan-tulisan post-Alkitabiah, di dalam Kitab Suci sendiri, istilah itu hanya muncul dalam bentuk posesif seperti רוּחַ קָדְשְׁךָ - RUAKH QOD'SHEKHA "roh kudus-Mu" (Mazmur 51:13), dan sebagai רוּחַ קָדְשׁוֹ - RUAKH QOD'SHO, "kudus-Nya Roh "(Yesaya 63:10,11). Tulisan-tulisan selanjutnya mengidentifikasi contoh-contoh Alkitabiah lainnya dari kata רוּחַ - RUAKH, "Roh," yang mengindikasikan RUAKH HAQODESH. Dalam konteks lain, Roh Kudus dapat menunjuk pada kekuatan ilahi, kualitas, dan pengaruh Tuhan atas alam semesta atau atas makhluk-Nya.
Apa yang Alkitab sebut: רוּחַ יְהוָה - RUAKH YEHOVAH (dibaca: Ruakh 'Adonay) dan רוּחַ אֱלֹהִים - RUAKH 'ELOHIM, Roh Elohim, disebut dalam Talmud dan Midrash sebagai: "Roh Kudus" perhatikan bahwa penulisan Ibraninya adalah רוּחַ הַקֹּדֶשׁ - RUAKH HAQODESH, Roh yang Kudus, ada "definite article (HA)" yang dikenakan kepada-Nya. Naskah bahasa asli Ibraninya menulis רוּחַ קֹּדֶשָׁה - RUAKH QODESHAH, Roh Kekudusan, ataupun רוּחַ קְדֻשָּׁה - RUAKH QEDUSHAH, Roh yang Dikuduskan.
Ketika kita melihat struktur kata רוּחַ הַקֹּדֶשׁ - RUAKH HAQODESH. Artinya orang-orang Yahudi dalam pemahaman semitiknya, memandang bahwa Roh Kudus adalah "Pribadi."
I. PERJANJIAN LAMA
Dalam PL, dapat dilihat lima segi pekerjaan Roh.
a. Pekerjaan Roh dalam penciptaan
1. Roh melayang-layang diatas permukaan air :
2. Membentuk manusia :
3. Mencerahkan langit :
4. Memelihara kehidupan binatang dan
5. membaharui permukaan bumi :
Roh itulah רוח – RUAKH {nafas/angin} Allah, tenaga dan kekuatan Allah, azas dari kehidupan manusia dalam segala seginya. Manusia – roh, jiwa dan tubuh – terbuka bagi kuasa Roh Allah, belajar mencerminkan Allah. Roh manusia adalah ‘pelita Tuhan’ bila berada dalam Roh Tuhan :
Bila roh manusia mempunyai hubungan yang benar dengan Roh Allah, maka ia memenuhi kehendak Tuhan atas dirinya. (Dalam PL manusia mempunyai roh atau roh adalah sinonim dari ia mempunyai ‘hati’ atau ia adalah pribadi). Sayang, karena dosa, manusia membuat dirinya menjadi pusat hidupnya. Dalam keadaan ini ia merukas pribadinya sendiri, tidak menghormati Allah dan menghinakan RohNya. Tapi bila kepribadiannya berpusat pada Roh Allah maka ia mempermuliakan Allah.
b. Pekerjaan Roh dalam melengkapi bagi pelayanan
Roh datang pada orang yang dipilih Allah untuk Tugas tertentu dan menganugerahkan kecakapan untuk mengemban tugas itu, misalnya :
1. KEAHLIAN
2. KEPEMIMPINAN
3. KEKUATAN BADANI
Hal itu dibuatNya tanpa harus mengubah moral orang itu
c. Pekerjaan Roh dalam mengilhami pada nabi
Ada kalanya ada sekelompok orang yang fanatik mengatakan diri digerakkan oleh Roh Kudus melakukan hal-hal bagi orang-orang lain dengan sesuatu yang berlebihan. Dilain-pihak ada sekelompok orang lain yang sangat berhati-hati dan lebih mengerti perihal rohani. Akibatnya kelompok ini cenderung memisahkan diri dari kelompok fanatik itu, dan tidak begitu gampang menyebut diri didiami oleh Roh Kudus.
Sementara itu ada nabi yang sungguh-sungguh menyadari peranan dan pengaruh Roh Kudus. Karya Roh Kudus dipandang tinggi bobotnya dalam wujud moral, sedangkan kemungkinan bergerak secara spontan dalam hal-hal rohani dan kebebasan melampaui kebiasaan diakui :
Pada prinsipnya, pandangan ini dialami oleh Yesaya dan Yehezkiel yang terus terang menyamakan Roh Kudus dengan Allah :
d. Pekerjaan Roh Kudus dalam menghasilkan kehidupan bermoral
Bagi pemazmur, kehadiran Roh Kudus berarti kehancuran roh manusia dan penyesalan, hati yang bersih, setia dan bahagia. Dalam Mazmur 139:7 Roh Allah disamakan dengan kehadiranNya dan keduanya tidak dapat dihindari. Pendekatan Kuasa Allah membuat pemazmur menaikkan permohonan supaya hati nuraninya diselidiki dan ia dipimpin di jalan yang kekal (ayat 23,24)
Pemazmur mencatat kehadiran Roh Allah dalam zamannya, dan beberapa penafsir menganggap itu puncak pernyataan Roh Kudus dalam PL.
e. Pekerjaan Roh menubuatkan Mesias
Para nabi juga merujuk pada pekerjaan Roh pada masa datang, dan tentang itu ada 2 acuan :
Pertama, nubuat bahwa Roh akan mendiami tokoh mesianis :
Bandingkan dengan
Kedua, nubuat tentang kegiatan Roh dalam umat perjanjian Allah umumnya :
Kurun waktu antar perjanjian (inter-testament) kurang mengalami kehadiran Roh. Menurut Dugaan, dengan penu kerinduan orang zaman itu menoleh ke belakang, atau dengan sangat berharap memandang kedepan, tapi tidak mengalami sukacita sebagai dampak pekerjaan Roh. Namun, beberapa penafsir Gulungan Laut Mati berkata, kuasa Roh Kudus dialami oleh orang Esseni dan mungkin juga oleh sekte lain sebelum kedatangan Kristus.
Roh Kudus (dalam bahasa Ibrani רוּחַ הַקֹּדֶשׁ - RUAKH HAQODESH).
Alkitab menyebutnya Roh Kudus adalah Roh Allah, Roh Kebenaran, Roh Tuhan, Roh Yesus, Roh Penghibur.
Roh Kudus juga dilambangkan dengan nafas, angin, merpati, Jari Allah, Api. Kepelbagaian lambang ini membantu untuk menerangkan indentitas dan kerja Roh.
Ada pendapat bahwa dalam ajaran Perjanjian Lama (PL) dan ajaran perjanjian Baru (PB) pokok ini tidak dapat dipersatukan, tetapi pendapat ini tidak benar. PL dan PB tidak bertentangan tentang pemeliharaan Allah dan anugerahNya, atau tentang tindakan LOGOS dalam penciptaan dan pekerjaan penyelamatan oleh Anak Allah Anak Allah, atau mengenai Roh Kudus. Bapa dan Anak aktif dalam kedua kitab perjanjian itu, dan Roh Kudus bekerja di sembarang zaman. Memang benar, hanya dalam PB terdapat gambaran rinci tentang aktivitasNya. Tapi ajaran Tuhan Yesus Kristus dan para rasul, samasekali tidak bertentangan dengan apa yang kita pelajari dari penulis PL.
Karena Allah itu Roh adanya :
- * Yohanes 4:24
LAI TB, Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam 'roh' dan kebenaran.
KJV, God is a Spirit: and they that worship him must worship him in spirit and in truth.
TR, πνευμα ο θεος και τους προσκυνουντας αυτον εν πνευματι και αληθεια δει προσκυνειν
Translit, pneuma {Roh} ho theos {Allah itu} kai {dan} tous {mereka yang} proskunountas {menyembah} auton {-Nya} en {dalam} pneumati {Roh} kai {dan} alêtheia {kebenaran} dei {dia harus} proskunein {untuk menyembah}
Ha-Berit,
הָאֱלֹהִים רוּחַ הוּא וְהַמִּשְׁתַּחֲוִים לוֹ צְרִיכִים לְהִשְׁתַּחֲוֹת בְּרוּחַ וּבֶאֱמֶת׃
Translit interlinear, HA'ELOHIM {Allah} RUAKH {Roh} HU {Dia adalah} VEHAMISH'TAKHAVIM {dan kalian menyembahlah} LO {kepada-Nya} TSERIKHIM {kalian harus melakukan} LEHISH'TAKHOT {menyembah} BERUAKH {di dalam Roh} UVE'EMET {dan di dalam kebenaran}
Note: Ayat 24, lihat bahasan menyembah-dalam-roh-dan-kebenaran-yohanes-4-24-vt8885.html#p52933
Pemikiran ajaran Trinitas mengenai Roh merupakan tali kasih antara Bapa dengan Anak, atau mendefinisikan Roh "sebagai tidakan hidup Allah di dunia."
Roh Kudus (Ibrani: רוּחַ הַקֹּדֶשׁ - RUAKH HAQODESH, Yunani: πνεῦμα ἅγιον - PNEUMA HAGION) dalam dalam pemahaman Yahudi (Yudaisme), disebut juga "Inspirasi Ilahi", umumnya mengacu pada inspirasi yang dapat dirasakan manusia, yaitu yang menyangkut penyaluran tindakan Ilahi, penulisan atau ucapan. Melalui ini mereka mencapai beberapa tingkat pengetahuan kenabian, dalam menyampaikan pesan-pesan Allah kepada orang lain.
Ungkapan "RUAKH HAQODESH" digunakan di Tanakh dan juga tulisan-tulisan lainnya untuk merujuk pada "Roh ilham" yang memberikan penyingkapan ilahi (Wahyu) dan Hadirat Ilahi di antara orang-orang Yahudi, yang juga dikenal sebagai SHEKINAH. Meskipun istilah itu sering muncul dalam tulisan-tulisan post-Alkitabiah, di dalam Kitab Suci sendiri, istilah itu hanya muncul dalam bentuk posesif seperti רוּחַ קָדְשְׁךָ - RUAKH QOD'SHEKHA "roh kudus-Mu" (Mazmur 51:13), dan sebagai רוּחַ קָדְשׁוֹ - RUAKH QOD'SHO, "kudus-Nya Roh "(Yesaya 63:10,11). Tulisan-tulisan selanjutnya mengidentifikasi contoh-contoh Alkitabiah lainnya dari kata רוּחַ - RUAKH, "Roh," yang mengindikasikan RUAKH HAQODESH. Dalam konteks lain, Roh Kudus dapat menunjuk pada kekuatan ilahi, kualitas, dan pengaruh Tuhan atas alam semesta atau atas makhluk-Nya.
- * Mazmur 51:13
LAI TB, Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!
51:11 KJV, Cast me not away from thy presence; and take not thy holy spirit from me.
Hebrew,
אַל־תַּשְׁלִיכֵנִי מִלְּפָנֶיךָ וְרוּחַ קָדְשְׁךָ אַל־תִּקַּח מִמֶּנִּי׃
Translit interlinear, 'AL {janganlah} -TASH'LIKHENI {Engkau membuang aku} MILEFANEYKHA {dari hadapan-Mu} VERUAKH {dan Roh} QOD'SHEKHA {Kudus-Mu} 'AL {janganlah} -TIQAKH {Engkau mengambil} MIMENI {dariku}
* Yesaya 63:10
[/b][/color]LAI TB, JTetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka.
KJV, But they rebelled, and vexed his holy Spirit: therefore he was turned to be their enemy, and he fought against them.
Hebrew,
וְהֵמָּה מָרוּ וְעִצְּבוּ אֶת־רוּחַ קָדְשֹׁו וַיֵּהָפֵךְ לָהֶם לְאֹויֵב הוּא נִלְחַם־בָּם׃
Translit interlinear, VEHEMAH {dan mereka} MARU {mereka memberontak} VE'ITSEVU {dan mereka mendukakan} 'ET- {pada} RUAKH {Roh} QOD'SHO {Kudus-Nya} VAYEHAFEKH {dan Dia memerangi} LAHEM {pada mereka} LE'OYEV {dan menjadi musuh} HU' {Dia} NIL'KHAM {melawan} -BAM {pada mereka}
Apa yang Alkitab sebut: רוּחַ יְהוָה - RUAKH YEHOVAH (dibaca: Ruakh 'Adonay) dan רוּחַ אֱלֹהִים - RUAKH 'ELOHIM, Roh Elohim, disebut dalam Talmud dan Midrash sebagai: "Roh Kudus" perhatikan bahwa penulisan Ibraninya adalah רוּחַ הַקֹּדֶשׁ - RUAKH HAQODESH, Roh yang Kudus, ada "definite article (HA)" yang dikenakan kepada-Nya. Naskah bahasa asli Ibraninya menulis רוּחַ קֹּדֶשָׁה - RUAKH QODESHAH, Roh Kekudusan, ataupun רוּחַ קְדֻשָּׁה - RUAKH QEDUSHAH, Roh yang Dikuduskan.
Ketika kita melihat struktur kata רוּחַ הַקֹּדֶשׁ - RUAKH HAQODESH. Artinya orang-orang Yahudi dalam pemahaman semitiknya, memandang bahwa Roh Kudus adalah "Pribadi."
- Reff: http://www.jewishencyclopedia.com/artic ... oly-spirit (Baca Alinea 3)
I. PERJANJIAN LAMA
Dalam PL, dapat dilihat lima segi pekerjaan Roh.
a. Pekerjaan Roh dalam penciptaan
1. Roh melayang-layang diatas permukaan air :
- * Kejadian 1:2
LAI TB, Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
KJV, And the earth was without form, and void; and darkness was upon the face of the deep. And the Spirit of God moved upon the face of the waters.
Hebrew,
וְהָאָרֶץ הָיְתָה תֹהוּ וָבֹהוּ וְחֹשֶׁךְ עַל־פְּנֵי תְהֹום וְרוּחַ אֱלֹהִים מְרַחֶפֶת עַל־פְּנֵי הַמָּיִם׃
Translit, VEHA'ARETS HAYETAH TOHU VAVOHU VEKHOSHEKH 'AL-PENEY TEHOM VERUAKH 'ELOHIM MERAKHEFET 'AL-PENEY HAMAYIM
2. Membentuk manusia :
- * Kejadian 2:7
LAI TB, ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup
KJV, And the LORD God formed man of the dust of the ground, and breathed into his nostrils the breath of life; and man became a living soul.
Hebrew,
וַיִּיצֶר יְהוָה אֱלֹהִים אֶת־הָאָדָם עָפָר מִן־הָאֲדָמָה וַיִּפַּח בְּאַפָּיו נִשְׁמַת חַיִּים וַיְהִי הָאָדָם לְנֶפֶשׁ חַיָּה׃
Translit, VAYITSER YEHOVAH (dibaca: 'Adonay) 'ELOHIM ET-HA'ADAM 'AFAR MIN-HA'ADAMAH VAYIPAKH BE'APAV NISH'MAT KHAYIM VAYEHI HA'ADAM LENEFESH KHAYAH
3. Mencerahkan langit :
- * Ayub 26:13
LAI TB, Oleh nafas-Nya langit menjadi cerah, tangan-Nya menembus ular yang tangkas.
KJV, By his spirit he hath garnished the heavens; his hand hath formed the crooked serpent.
Hebrew,
בְּרוּחֹו שָׁמַיִם שִׁפְרָה חֹֽלֲלָה יָדֹו נָחָשׁ בָּרִֽיחַ׃
Translit, BERUKHO {dengan RUAKH-NYA} SHAMAYIM {langit} SHIFRAH {Dia menyebabkan menjadi cerah} KHOLALAH YADO NAKHASH BARIAKH
4. Memelihara kehidupan binatang dan
5. membaharui permukaan bumi :
- * Mazmur 104:30
LAI TB, Apabila Engkau mengirim roh-Mu, mereka tercipta, dan Engkau membaharui muka bumi.
KJV, Thou sendest forth thy spirit, they are created: and thou renewest the face of the earth
Hebrew,
תְּשַׁלַּח רוּחֲךָ יִבָּרֵאוּן וּתְחַדֵּשׁ פְּנֵי אֲדָמָֽה׃
Translit, TESHALAKH RUKHAKHA YIBARE'UN UTEKHADESH PENEY 'ADAMAH
Roh itulah רוח – RUAKH {nafas/angin} Allah, tenaga dan kekuatan Allah, azas dari kehidupan manusia dalam segala seginya. Manusia – roh, jiwa dan tubuh – terbuka bagi kuasa Roh Allah, belajar mencerminkan Allah. Roh manusia adalah ‘pelita Tuhan’ bila berada dalam Roh Tuhan :
- *Amsal 20:27
LAI TB, Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya
KJV, The spirit of man is the candle of the LORD, searching all the inward parts of the belly.
Hebrew,
נֵר יְהוָה נִשְׁמַת אָדָם חֹפֵשׂ כָּל־חַדְרֵי־בָטֶן׃
Translit, NER YEHOVAH (dibaca: 'Adonay) NISH'MAT 'ADAM KHOFES KOL-KHAD'REY-VATEN
Bila roh manusia mempunyai hubungan yang benar dengan Roh Allah, maka ia memenuhi kehendak Tuhan atas dirinya. (Dalam PL manusia mempunyai roh atau roh adalah sinonim dari ia mempunyai ‘hati’ atau ia adalah pribadi). Sayang, karena dosa, manusia membuat dirinya menjadi pusat hidupnya. Dalam keadaan ini ia merukas pribadinya sendiri, tidak menghormati Allah dan menghinakan RohNya. Tapi bila kepribadiannya berpusat pada Roh Allah maka ia mempermuliakan Allah.
b. Pekerjaan Roh dalam melengkapi bagi pelayanan
Roh datang pada orang yang dipilih Allah untuk Tugas tertentu dan menganugerahkan kecakapan untuk mengemban tugas itu, misalnya :
1. KEAHLIAN
- *Keluaran 31:3
LAI TB, dan telah Kupenuhi dia dengan Roh Allah, dengan keahlian dan pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan
KJV, And I have filled him with the spirit of God, in wisdom, and in understanding, and in knowledge, and in all manner of workmanship,
Hebrew,
וָאֲמַלֵּא אֹתֹו רוּחַ אֱלֹהִים בְּחָכְמָה וּבִתְבוּנָה וּבְדַעַת וּבְכָל־מְלָאכָה׃
Translit, VA'AMALE OTO RU'AKH 'ELOHIM BEKHAKHMAH UVIT'VUNAH UVEDA'AT UVEKHOL-MELAKHAH
2. KEPEMIMPINAN
- *Hakim-hakim 3:10
LAI TB, Roh TUHAN menghinggapi dia dan ia menghakimi orang Israel. Ia maju berperang, lalu TUHAN menyerahkan Kusyan-Risyataim, raja Aram, ke dalam tangannya, sehingga ia mengalahkan Kusyan-Risyataim.
KJV, And the Spirit of the LORD came upon him, and he judged Israel, and went out to war: and the LORD delivered Chushanrishathaim king of Mesopotamia into his hand; and his hand prevailed against Chushanrishathaim.
Hebrew,
וַתְּהִי עָלָיו רוּחַ־יְהוָה וַיִּשְׁפֹּט אֶת־יִשְׂרָאֵל וַיֵּצֵא לַמִּלְחָמָה וַיִּתֵּן יְהוָה בְּיָדֹו אֶת־כּוּשַׁן רִשְׁעָתַיִם מֶלֶךְ אֲרָם וַתָּעָז יָדֹו עַל כּוּשַׁן רִשְׁעָתָיִם׃
Translit, VATEHI 'ALAV RU'AKH-YEHOVAH (dibaca: 'Adonay) VAYISH'POT 'ET-YISRA'EL VAYETSE LAMILKHAMAM VAYITEN YEHOVAH (dibaca: 'Adonay) BEYADO 'ET-KUSHAN RISHATAYIM MELEKH 'ARAM VATA'AZ YADO 'AL KUSHAN RISHATAYIM
3. KEKUATAN BADANI
- *Hakim-hakim 14:6
LAI TB, Pada waktu itu berkuasalah Roh TUHAN atas dia, sehingga singa itu dicabiknya seperti orang mencabik anak kambing -- tanpa apa-apa di tangannya. Tetapi tidak diceriterakannya kepada ayahnya atau ibunya apa yang dilakukannya itu
KJV, And the Spirit of the LORD came mightily upon him, and he rent him as he would have rent a kid, and he had nothing in his hand: but he told not his father or his mother what he had done.
Hebrew,
וַתִּצְלַח עָלָיו רוּחַ יְהוָה וַיְשַׁסְּעֵהוּ כְּשַׁסַּע הַגְּדִי וּמְאוּמָה אֵין בְּיָדֹו וְלֹא הִגִּיד לְאָבִיו וּלְאִמֹּו אֵת אֲשֶׁר עָשָׂה׃
Translit, VATITSLAKH 'ALAV RU'AKH YEHOVAH (dibaca: 'Adonay) VAYESYASEHU KESYASA HAGEDI UMEUMAH 'EIN BEYADO VELO HIGID LE'AVIV ULEIMO 'ET 'ASYER 'ASAH
Hal itu dibuatNya tanpa harus mengubah moral orang itu
c. Pekerjaan Roh dalam mengilhami pada nabi
Ada kalanya ada sekelompok orang yang fanatik mengatakan diri digerakkan oleh Roh Kudus melakukan hal-hal bagi orang-orang lain dengan sesuatu yang berlebihan. Dilain-pihak ada sekelompok orang lain yang sangat berhati-hati dan lebih mengerti perihal rohani. Akibatnya kelompok ini cenderung memisahkan diri dari kelompok fanatik itu, dan tidak begitu gampang menyebut diri didiami oleh Roh Kudus.
Sementara itu ada nabi yang sungguh-sungguh menyadari peranan dan pengaruh Roh Kudus. Karya Roh Kudus dipandang tinggi bobotnya dalam wujud moral, sedangkan kemungkinan bergerak secara spontan dalam hal-hal rohani dan kebebasan melampaui kebiasaan diakui :
- * Yeremia 31:33
LAI TB, Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku
KJV, But this shall be the covenant that I will make with the house of Israel; After those days, saith the LORD, I will put my law in their inward parts, and write it in their hearts; and will be their God, and they shall be my people.
Hebrew,
כִּי זֹאת הַבְּרִית אֲשֶׁר אֶכְרֹת אֶת־בֵּית יִשְׂרָאֵל אַחֲרֵי הַיָּמִים הָהֵם נְאֻם־יְהוָה נָתַתִּי אֶת־תֹּורָתִי בְּקִרְבָּם וְעַל־לִבָּם אֶכְתֲּבֶנָּה וְהָיִיתִי לָהֶם לֵאלֹהִים וְהֵמָּה יִהְיוּ־לִי לְעָם׃
Translit, KI ZOT HABERIT 'ASHER EKHROT 'ET-BE'IT YIS'RA'EL 'AKHAREY HAYAMIM HAHEM NE'UM-YEHOVAH (dibaca: 'Adonay) NATATI 'ET-TORATI BEKIR'BAM VE'AL-LIBAM 'EKHTAVENAH VEHAYITI LAHEM LELOHIM VEHEMAH YIH'YU-LI LE'AM
Pada prinsipnya, pandangan ini dialami oleh Yesaya dan Yehezkiel yang terus terang menyamakan Roh Kudus dengan Allah :
- * Yesaya 63:10-11
63:10 LAI TB, Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya; maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka
KJV, But they rebelled, and vexed his holy Spirit: therefore he was turned to be their enemy, and he fought against them.
Hebrew,
וְהֵמָּה מָרוּ וְעִצְּבוּ אֶת־רוּחַ קָדְשֹׁו וַיֵּהָפֵךְ לָהֶם לְאֹויֵב הוּא נִלְחַם־בָּם׃
Translit, VEHEMAH MARU VE'ITSVU 'ET-RU'AKH QAD'SHO VAYEHAFEKH LAHEM LE'OYEV HU NIL'KHAM-BAM
63:11 LAI TB, Lalu teringatlah mereka kepada zaman dahulu kala, zaman Musa, hamba-Nya itu: Di manakah Dia yang membawa mereka naik dari laut bersama-sama dengan penggembala kambing domba-Nya? Di manakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya dalam hati mereka
KJV, Then he remembered the days of old, Moses, and his people, saying, Where is he that brought them up out of the sea with the shepherd of his flock? where is he that put his holy Spirit within him?
Hebrew,
וַיִּזְכֹּר יְמֵי־עֹולָם מֹשֶׁה עַמֹּו אַיֵּה ׀ הַמַּעֲלֵם מִיָּם אֵת רֹעֵי צֹאנֹו אַיֵּה הַשָּׂם בְּקִרְבֹּו אֶת־רוּחַ קָדְשֹׁו׃
Translit, VAYIZKOR YEMEY-'OLAM MOSHEH 'AMO 'AYEH HAMA'ALEM MIYAM 'ET RO'EY TSONO 'AYEH HASAM BEQIR'BO 'ET-RU'AKH QAD'SHO
d. Pekerjaan Roh Kudus dalam menghasilkan kehidupan bermoral
Bagi pemazmur, kehadiran Roh Kudus berarti kehancuran roh manusia dan penyesalan, hati yang bersih, setia dan bahagia. Dalam Mazmur 139:7 Roh Allah disamakan dengan kehadiranNya dan keduanya tidak dapat dihindari. Pendekatan Kuasa Allah membuat pemazmur menaikkan permohonan supaya hati nuraninya diselidiki dan ia dipimpin di jalan yang kekal (ayat 23,24)
- * Mazmur 139:7,23-24
139:7 LAI TB, Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu
KJV, Whither shall I go from thy spirit? or whither shall I flee from thy presence?
Hebrew,
אָנָה אֵלֵךְ מֵרוּחֶךָ וְאָנָה מִפָּנֶיךָ אֶבְרָח׃
Translit, ANAH 'ELEKH MERUKHEKHA VE'ANAH MIPANEIKHA 'EV'RAKH
139:23 LAI TB, Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku;
KJV, Search me, O God, and know my heart: try me, and know my thoughts:
Hebrew,
חָקְרֵנִי אֵל וְדַע לְבָבִי בְּחָנֵנִי וְדַע שַׂרְעַפָּי׃
Translit, KHAQ'RENI 'EL VEDA LEVAVI BEKHANENI VEDA SARAPAI
139:24 LAI TB, lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!
KJV, And see if there be any wicked way in me, and lead me in the way everlasting.
Hebrew,
וּרְאֵה אִם־דֶּרֶךְ־עֹצֶב בִּי וּנְחֵנִי בְּדֶרֶךְ עֹולָם׃
Translit, URE'EH 'IM-DEREKH-'OTSEV BI UNEKHENI BEDEREKH OLAM
Pemazmur mencatat kehadiran Roh Allah dalam zamannya, dan beberapa penafsir menganggap itu puncak pernyataan Roh Kudus dalam PL.
e. Pekerjaan Roh menubuatkan Mesias
Para nabi juga merujuk pada pekerjaan Roh pada masa datang, dan tentang itu ada 2 acuan :
Pertama, nubuat bahwa Roh akan mendiami tokoh mesianis :
- * Yesaya 11:2-9 Raja Damai yang akan datang
11:2 Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;
11:3 ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.
11:4 Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan, dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri dengan kejujuran; ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat, dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik.
11:5 Ia tidak akan menyimpang dari kebenaran dan kesetiaan, seperti ikat pinggang tetap terikat pada pinggang.
11:6 Serigala akan tinggal bersama domba dan macan tutul akan berbaring di samping kambing. Anak lembu dan anak singa akan makan rumput bersama-sama, dan seorang anak kecil akan menggiringnya.
11:7 Lembu dan beruang akan sama-sama makan rumput dan anaknya akan sama-sama berbaring, sedang singa akan makan jerami seperti lembu.
11:8 Anak yang menyusu akan bermain-main dekat liang ular tedung dan anak yang cerai susu akan mengulurkan tangannya ke sarang ular beludak.
11:9 Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di seluruh gunung-Ku yang kudus, sebab seluruh bumi penuh dengan pengenalan akan TUHAN, seperti air laut yang menutupi dasarnya.
Yesaya 42:1-4 Hamba TUHAN
42:1 Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.
42:2 Ia tidak akan berteriak atau menyaringkan suara atau memperdengarkan suaranya di jalan.
42:3 Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkannya, tetapi dengan setia ia akan menyatakan hukum.
42:4 Ia sendiri tidak akan menjadi pudar dan tidak akan patah terkulai, sampai ia menegakkan hukum di bumi; segala pulau mengharapkan pengajarannya.
Bandingkan dengan
- * Lukas 4:18
LAI TB,
Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
KJV, The Spirit of the Lord is upon me, because he hath anointed me to preach the gospel to the poor; he hath sent me to heal the brokenhearted, to preach deliverance to the captives, and recovering of sight to the blind, to set at liberty them that are bruised,
TR, πνευμα κυριου επ εμε ου ενεκεν εχρισεν με ευαγγελιζεσθαι πτωχοις απεσταλκεν με ιασασθαι τους συντετριμμενους την καρδιαν κηρυξαι αιχμαλωτοις αφεσιν και τυφλοις αναβλεψιν αποστειλαι τεθραυσμενους εν αφεσει
Translit, pneuma kuriou ep eme ou eneken ekhrisen me euaggelizesthai ptôkhois apestalken me iasasthai tous suntetrimmenous tên kardian kêruxai aikhmalôtois aphesin kai tuphlois anablepsin aposteilai tethrausmenous en aphesei
Kedua, nubuat tentang kegiatan Roh dalam umat perjanjian Allah umumnya :
- * Yehezkiel 36:26,27
36:26 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.
36:27 Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.
Kurun waktu antar perjanjian (inter-testament) kurang mengalami kehadiran Roh. Menurut Dugaan, dengan penu kerinduan orang zaman itu menoleh ke belakang, atau dengan sangat berharap memandang kedepan, tapi tidak mengalami sukacita sebagai dampak pekerjaan Roh. Namun, beberapa penafsir Gulungan Laut Mati berkata, kuasa Roh Kudus dialami oleh orang Esseni dan mungkin juga oleh sekte lain sebelum kedatangan Kristus.
Posting Komentar
0 Komentar